Hotline 085357553839
Informasi lebih lanjut?
  • Menyediakan Paket Umroh yang Berkualitas
Home » Umroh » Cara antisipasi udara dingin saat umroh

Praktisi kesehatan sekaligus Wakil Ketua Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PAPDI) Ari Fahrial Syam menyarankan jamaah yang ingin umroh pada waktu sekarang ini untuk mengantisipasi udara dingin.

“Cermati udara dingin di Tanah Suci agar ibadah umrah optimal,” kata Ari Fahrial Syam dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Ari yang juga pernah menjadi petugas kesehatan haji itu mengingatkan bahwa saat ini dikabarkan suhu udara di Saudi Arabia baik kota suci Mekkah maupun Madinah sangat dingin mencapai suhu minus 20 derajat celcius.

Bahkan, lanjutnya, untuk kota Madinah pada malam hari suhu bisa mencapai berada dalam kondisi hingga suhu berada di bawah 10 derajat celcius.

“Teman saya yang kebetulan dokter yang saat ini di akhir bulan Desember dan awal Januari sedang melaksanakan ibadah Umrah menyampaikan banyak masyarakat yang tidak mengantisipasi udara dingin tersebut,” katanya.

Pengajar Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM itu mengidentifikasi tiga penyakit yang timbul selama ibadah umroh dalam suhu udara ekstrim tersebut.

Ari memaparkan, ketiga jenis penyakit itu antara lain penyakit yang kambuh karena udara yang dingin antara lain asma (sesak nafas), pilek alergi (rinitis alergi), sinusitis serta alergi kulit karena udara dingin.

Jenis penyakit kedua adalah penyakit yang timbul langsung akibat udara dingin seperti kulit menjadi kering, kulit telapak kaki menjadi pecah-pecah, timbul pecah-pecah pada bibir dan kadang kala timbul mimisan.

“Jika paparan udara dingin terus berlangsung akan terjadi penurunan suhu tubuh atau hipotermia yang akan mengancam jiwa jamaah umrah,” jelasnya.

Sedangkan jenis penyakit terakhir adalah yang tidak terjadi secara langsung sebagai akibat udara dingin, seperti jamaah yang tertular batuk-pilek dari teman sekamarnya yang kebetulan mempunyai alergi dan terinfeksi sehingga dapat menularkan kepada yang lain.

Sementara jamaah yang mempunyai risiko tinggi gangguan kesehatan karena cuaca dingin yaitu mereka yang berusia lanjut, mempunyai penyakit diabetes, gangguan jantung dan pembuluh darah serta jamaah yang mempunyai masalah dengan tiroidnya.

Untuk itu, Ari menyarankan jamaah harus menutupi badan kita agar udara dingin yang menyengat agar tidak langsung kontak dengan kulit, bisa dengan menggunakan jaket yang dapat menutupi seluruh tubuh kita.

“Usahakan untuk menggunakan pakaian berlapis gunakan tutup kepala tambahan, kaos kaki tebal dan sarung tangan selama berada diluar. Diusahakan selalu untuk menggunakan pakaian yang kering dan bersih,” katanya.

Dia mengingatkan bahwa udara dingin yang menyengat dan langsung kontak dengan kulit akan menyebabkan kulit menjadi kering oleh karena itu harus selalu mengolesi lotion pada kulit tangan dan telapak kaki agar kulit tidak mengering dan tidak menimbulkan luka.

Selain itu, lanjutnya, dianjurkan juga guna minum yang cukup untuk mencegah para jamaah jatuh ke dalam dehidrasi atau kekurangan cairan yang akan memperburuk kesehatan akibat udara dingin tersebut.

“Untuk mencegah para jamaah terpapar dengan udara dingin diluar Masjid, sebaiknya memang diatur agar saat shalat Zuhur dan Ashar para jamaah tetap menunggu saja di masjid. Tentunya sebelum shalat sudah makan terlebih dahulu atau jika memungkinkan di antara waktu shalat Zuhur dan Ashar dapat keluar masjid untuk makan, atau para jamaah umrah tetap berada di Masjid selama waktu setelah Ashar dan Magrib dilanjutkan waktu Isya,” ucapnya.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Tips Umrah Aman saat Hujan dari Otoritas Saudi, Diimbau Lepas Kaus Kaki

10 January 2024 36x Umroh

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengingatkan jemaah umrah untuk senantiasa berhati-hati dalam beribadah saat hujan melanda Masjidil Haram. Terlebih, Arab Saudi dilanda hujan deras di beberapa wilayah belakangan ini. Terbaru, akun resmi Otoritas Masjidil Haram dan Masjid Nabawi @ReasahAlharmain di media sosial X mengunggah video Masjidil Haram yang teng... selengkapnya

Cara antisipasi udara dingin saat umroh

10 January 2024 49x Umroh

Praktisi kesehatan sekaligus Wakil Ketua Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PAPDI) Ari Fahrial Syam menyarankan jamaah yang ingin umroh pada waktu sekarang ini untuk mengantisipasi udara dingin. “Cermati udara dingin di Tanah Suci agar ibadah umrah optimal,” kata Ari Fahrial Syam dalam keterangan tertulis yan... selengkapnya

Kantor Kami

PT. GUBUK LENTERA NUSANTARA
Jl. Kuntulan No.149, Kel. Bakungan – Kec. Glagah
Banyuwangi – Jawa Timur, Indonesia
No. Telp/Fax : 0821-8321-7778
E-mail : admin@tourkamu.com

 

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Tentang Kami

Koprasi Gubuk Lentera Nusantara berdiri pada tanggal 19 Februari 2022. Koperasi ini
didirikan dengan tujuan menciptakan masyarakat yang sejahtera melalui kemandiran ekonomi
dan solidaritas. Koperasi Gubuk Lentera Nusantara merupakan Koperasi serba usaha dengan sistem
kopersi multi pihak.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.